Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 28 Oktober 2018

Cara Mencegah Kaki Gajah Dengan Mudah

Cara Mencegah Kaki Gajah – Penyakit kaki gajah biasanya terjadi di daerah tropis dan subtropis seperti Afrika,  Asia, Pasifik Barat. Penyakit kaki gajah bersifat kronis dan berlangsung lama secara bertahap. Penyakit kaki gajah diakibatkan oleh infeksi cacing filariasis yang disebabkan karena gigitan nyamuk, cacing itu disebarkan melalui gigitannya lalu langsung masuk kedalam pembuluh darah getah bening dean berkembang biak didalam pembuluh.

Bentuk dari penyakit kaki gajah ini adalah penderita mengalami pembengkakan pada lengan, kaki bahkan sampai alat vital. Penyakit ini dapat menyerang laki-laki maupun perempuan.

Meskipun bukan termasuk penyakit mematikan namun penyakit kaki gajah sangat mengganggu saat melakukan aktivitas, karena bentuknya yang membengkak.

Dikutip dari halosehat.com berikut adalah cara mencegah kaki gajah :

  • Menghindari gigitan nyamuk
Seperti  yang kita tahu bahwa penyakit kaki gajah  berasal dari gigitan nyamuk, oleh karena itu jika hendak mencegah penyakit kaki gajah anda harus melindungi diri dari gigitan nyamuk seperti menanam tanaman lavender, memasang lambu, menutup ventilasi rumah dengan kawat kasa nyamuk dan masih banyak lagi.

  • Mengkonsumsi makanan bergizi
Makanan dengan kandungan nutrisi lengkap akan menjadikan tubuh anda sehat dan bugar, tentunya makanan tersebut kaya akan protein, mineral, serat, karbohidrat, vitamin. Dengan demikian, akan sulit bagi penyakit untuk menyerang tubuh karena kondisi sehat.

  • Mencegah perkembangbiakan nyamuk
Menghindari gigitan nyamuk saja tentunya belum cukup efektif tanpa langkah pemberantasan nyamuk. Jika dibiarkan nyamuk akan berkembangbiak  dan bertambah lebih banyak, untuk itu ada beberapa cara untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk, seperti :

Teratur membersihkan bak mandi
Menghilangkan genangan air
Memangkas rumput dan semak
Melakukan pengasapan

  • Menjaga kebersihan diri
Dengan cara ini anda anda bisa terhindar dari penyakit kaki gajah karena tubuh yang bersih, mulailah rajin membersihkan diri minimal dengan mandi 2 kali dalam sehari

  • Vaksinasi kaki gajah
Selain membersihkan diri dan lingkungan, penting juga adanya untuk kita memperoleh vaksin karena memang inilah pencegahan yang sangat efektif. Vaksinasi terhadap filariasis adalah cara yang penting supaya kita mampu menghindari penyakit kaki gajah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman