Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 23 Oktober 2018

Bahaya Insomnia Bagi Kesehatan Yang Patut Diwaspadai

Bahaya Insomnia Bagi Kesehatan – Insomnia adalah masalah keseukaran dalam mempertahankan tidur sehingga membuat tidur seseorang tidak nyenyak dan mengakibatkan lelah sepanjang hari, penderita insomnia akan mengeluhkan kendala seperti kesulitan tidur, tdiur tidak tenang, sering terbangun di pertengahan malam dan sulit untuk kembali tidur.

 
Gangguan ini merupakan masalah yang paling sering dijumpai, namau insomnia jika terjadi berkepanjangan akan mempengaruhi kesehatan tubuh maupun mental. Karena tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk memberikan rileksasi pada tubuh agar kembali fit dikeesokan harinya. 

Berikut bahaya Insomnia bagi kesehatan :


  • Kulit mengalami kerusakan
Sebenarnya ketika tidur tubuh akan memperbaiki jaringan serta sel-sel kulit, akibat dari insomnia bisa merugikan kesehatan kulit dikarenakan produksi kolagen yang menurun
  • Obesitas
Orang yang mengalami gangguan insomnia cenderung memiliki nafsu makan dan rasa lapar yang lebih tinggi, serta memilih makanan yang mengandung kadar karbohidrat dan lemak tinggi sehingga akan membuat berat badan meningkat yang bisa mengakibatkan obesitas.
  • Penurunan daya ingat
Ingatan akan lebih sulit tersimpan ketika seseorang mengalami insomnia, berkurangnya kualitas tidur akan mempengaruhi daya ingat dan konsentrasi. karena saat tidur nyenyak otak akan memproses dan menguatkan daya ingat.
  • Sistem imun menurun
Orang yang mengalami insomnia berkepanjangan akan berdampak pada kesehatan tubuh karena sistem kekebalan tubuh yang menurun dengan sering berjalannya waktu.

  • Depresi
Kurang tidur bisa mengakibatkan depresi begitun sebaliknya jika depresi bisa membuat anda kurang tidur sampai insomnia

  • Penuaan dini
Ketika waktu tidur, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang bisa memecah kolagen,protein yang menjaga kulit tetap elastis. Kebanyakan orang yang insomnia secara terus menerus mengalami kulit pucat,lingkaran hitam dibawah mata, garis-garis halus dan kulit tidak cerah.

  • Terganggunya kesuburan
Insomnia akan mengganggu produksi hormon reproduksi akan menurun, jika anda mengalami gangguan tidur berkepanjangan.

Insomnia memang hal yang biasa terjadi namun dampaknya bisa buruk terhadap kesehatan jadi segera penanganan yaitu dengan mengatasi insomnia secara alami tanpa menggunakan obat tidur. Karena pengunaan obat tidur tanpa dosis yang tepat itu tidak dianjurkan bisa membahayakan kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman